Minggu, 04 Mei 2008

Berdayakan Siswa Magang

SISWA MAGANG, mari membangun kemanfaatan bersama

Pernahkah anda mendapat surat permohonan dari seorang siswa atau mahasiwa yang ingin magang di perusahaan anda ? Mungkin mereka membutuhkan kerja praktek, magang, atau membutuhkan tempat penelitian demi kelancaran studinya.
Banyak perusahaan yang enggan dan tidak suka adanya siswa atau mahasiswa magang tersebut. Sebagian malah menolak sama sekali. Merepotkan, demikain alasan mereka. Sebagai usaha yang mencari keuntungan mereka tidak suka apabila ada hal-hal yang akan merepotkan mereka dalam menjalankan usahanya.
Benarkah demikian ?
Perusahaan swasta tentu memiliki motif mencari keuntungan. Meningkatkan omset bisnis, dan berupaya sebisa mungkin meningkatkan laba. Sebagian besar perusahaan hanya menerima siswa atau mahasisw magang hanyalah karena faktor belas kasihan belaka. Namun tentu dengan hati yang enggan, yang mungkin tampak atau mungkin juga disembunyikan. Akibatnya, siswa atau mahasiswa yang magang tersebut “berkeliaran” di perusahaan tanpa adanya arah dan perencanaan yang jelas.
Tidakkah ada kemungkinan bahwa dengan adanya mahasiswa atau siswa magang tersebut akan memberikan kebaikan ?
Pasti ada. Tentu dengan sedikit perhatian dan perencanaan magang. Dan itu tidaklah mengambil banyak waktu dan biaya.
Pertama-tama, buatlah suatu surat pernyataan yang berisi kewajiban bagi mahasiswa/siawa magang tersebut untuk mengikuti semua peraturan perusahaan dengan disiplin, termasuk adanya sangsi pemberhentian magang apabila melanggar disiplin. Tentu, 100,1 % akan manandatanganinya dengan sukarela. Selanjutnya buat rencana aktifitas yang akan memberikan manfaat bagi persahaan.
Aktifitas yang bagaimana yang memberikan manfaat bagi perusahaan ?
Coba buka mata (dan fikiran) sedikit. Hampir semua jurusan pendidikan selalu memiliki celah untuk magang atau penelitian yang dapat memberikan kebaikan bagi perusahaan.
Sebagai contoh, misalkan ada mahasiswa bidang keuangan yang akan magang di perusahaan anda, dan ia belum memiliki ide apa yang akan dialakukanya. Salah satu alternatif adalah mengajaknya untuk meneliti ulang tingkat produksi yang mencapai Break Even Point (BEP). Didalam perusahaan ada banyak orang keuangan atau akuntansi yang mampu meneliti BEP ini. Namun kesibukan harian menyebabkan mereka tidak punya waktu untuk mengerjakan pekerjaan ini. Mau bayar konsultan ? Tentu jauh lebih mahal.
Bekerjasama dengan mahasiswa magang tentu jauh lebih murah. Tentu saja dengan bimbingan, agar jangan salah metode menghitungnya. Sebelumnya juga dengan kesepakatan, data tidak boleh dibawa keluar, harus dirahasiakan. Biarkan mahasiswa tersebut bekerja diruangan dan didampingi orang keuangan. Jadi tidak ada data yang perlu dibawa ke ruangan lain. Apalagi keluar kantor. Perlakuan yang baik dan bimbingan akan menjadikan “tamu” tersebut akan loyal dan berupaya menjaga kerahasiaan data yang ada.
Bagaimana dengan uang saku ? Tidak ada peraturan yang mewajibkan perusahaan untuk memberikan uang saku bagi mahasiswa magang, dan tidak perlu pula menjanjikan. Apabila ternyata mahasiswa tersebut tidak berkarakter baik, jangan sungkan untuk “mengusirnya”. Namun apabila aktifitas magangnya memberikan kemanfaatan, juga jangan terlalu pelit untuk sekedar memberikan sedikit uang makan. Pasti tetap jauh lebih murah daripada membayar konsultan. Bahkan konsultan paling murah sekalipun.
Ada lagi. Khusus untuk perusahaan yang menghasilkan produk “consumer goods” pembinaan siswa dan mahasiswa magang dapat merupakan salah satu cara untuk membentuk citra yang baik dalam bentuk kepedulian kepada dunia pendidikan. Apalagi apabila bagian personalia mau memberikan sedikit waktu mengundang guru atau pembimbing mahasiswa tersebut untuk berkunjung ke perusahaan. Sekedar ngobrol tidak lama, pasti, mereka akan “besar hati” dan menilai positif terhaap perusahaan. Ada biaya yang keluar ? Sedikit sekali atau bahkan tidak ada. Hanya teh manis untuk tamu dan sedikit waktu yang disisihkan untuk bertukar fikiran.
Kuncinya. Mari berfikiran positif. Terima siswa/mahasiswa untuk magang atau penelitian. Ambil manfaatnya. Namun jangan lupa perencanaan dan bimbingan.

1 Komentar:

Pada 23 Januari 2012 pukul 02.47 , Blogger Wahyu mengatakan...

halo isal good blog maju terus. Visit my blog :
http://rancangdustcollector.blogspot.com
http://rancangkd.blogspot.com
http://godagadoproject.blogspot.com
http://pakaiananak-ta.blogspot.com
http://cityofsidoarjo.blogspot.com

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda